Wow Jengkol Ternyata Bermanfaat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Lho


Wow Jengkol Ternyata Bermanfaat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Lho

Sebagian besar orang mungkin tidak menyukai jengkol karena baunya yang tidak sedap. Namun jengkol atau yang juga dikenal dengan nama dogfruit ini juga digemari oleh banyak orang, terutama karena keunikan rasanya. Di balik semua itu, jengkol juga memiliki banyak manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh dan kecantikan. Penasaran? Ini dia beberapa manfaat jengkol yang patut kamu ketahui!

1. Menghindari Anemia
Jengkol diketahui kaya akan zat besi yang sangat berperan untuk mencegah dan mengatasi kurangnya produksi sel-sel darah merah dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit anemia. Mengkonsumsi jengkol saat sedang menstruasi juga sangat dianjurkan agar tubuh tidak kekurangan zat besi akibat banyaknya darah menstruasi yang keluar dari tubuh.

2. Mencegah Osteoporosis Serta Memperkuat Tulang Dan Gigi
Selain zat besi dan protein, kandungan zat lain yang ada di dalam jengkol adalah kalsium dan fosfor. Dua zat ini adalah zat yang sangat dibutuhkan oleh tulang. Kalsium dan fosfor dapat mencegah tulang keropos (osteoporosis) serta memperkuat susunan tulang serta gigi.


3. Menghindari Radikal Bebas
Jengkol memiliki kandungan vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C. Vitamin A berguna untuk melindungi kesehatan mata serta mempertajam indera penglihatan. Vitamin A serta vitamin C juga bertindak sebagai zat antioksidan yang dikenal ampuh menangkal zat radikal bebas penyebab penyakit kanker.

4. Mengkontrol Kadar Gula Dalam Darah Dan Mencegah Diabetes
Jengkol memiliki kandungan gizi yang tidak akan menambah kandungan gula dalam darah, hingga mencegah penyakit diabetes. Hal ini karena di dalam jengkol terdapat zat yang tidak ditemukan pada jenis makanan lainnya. Beberapa zat ini disebut dengan asam jengkolat. Asam jengkolat berbentuk kristal yang tidak larut di air sehingga tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita masalah ginjal.

5. Melancarkan BAB
Kandungan serat yang tinggi pada jengkol dapat memperlancar BAB yang secara tidak langsung membuat perut lebih langsing. Nah, satu diantara penyebab perut buncit yaitu karena BAB yang tidak lancar dan tidak teratur.


6. Meremajakan Kulit
Vitamin C dalam jengkol dapat meningkatkan kualitas kesehatan kulit, sehingga kulit tubuh dan wajah akan menjadi semakin cantik. Vitamin C dapat secara alami meremajakan kulit dari dalam. So, bye-bye to kulit kusam!
Selain manfaat di atas, ternyata masih banyak lagi manfaat jengkol seperti menyembuhkan penyakit jantung koroner, menstabilkan organ dalam tubuh hingga mengganti sel-sel rusak. Tetapi meskipun kaya akan nutrisi dan memiliki banyak khasiat, namun sebaiknya jangan mengkonsumsinya secara berlebihan juga ya ladies! So, nggak perlu malu lagi kan untuk mengkonsumsi jengkol!