Manfaat Ceri untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Ceri untuk Kesehatan dan Kecantikan


Ceri mungkin identik dengan buah mungil berwarna merah, biasa dijadikan topping kue atau minuman favorit. Tak salah memang, karena rasanya yang enak, cocok dijadikan bahan pelengkap kue maupun minuman. Buah dengan nama ilmiah Cerasus ini memiliki manfaat kesehatan dan kecantikan, mulai dari menghilangkan jerawat hingga meningkatkan kualitas tidur.

Memperlambat penuaan kulit

Ceri dikenal sebagai salah satu buah yang mengandung antioksidan tinggi. Bahkan, paling tinggi dibandingkan jenis buah antioksidan lain. Antioksidan dalam buah ceri membantu tubuh melawan radikal bebas, yang ketika menyerang kulit dapat menyebabkan penuaan dini. Menurut peneliti dari Michigan State University, dengan mengonsumsi satu gelas jus ceri secara rutin, dapat menurunkan risiko penuaan kulit.

Meningkatkan kualitas tidur

Buah ini mengandung zat yang dapat meningkatkan hormon melatonin. Menurut Andre Westwood, peneliti tentang masalah tidur yang juga asisten profesor di Universitas Columbia, ada kelenjar di otak manusia yang memproduksi hormon melatonin. Saat malam dan gelap, otak manusia akan langsung mencari sumber melatonin yang tersebar di seluruh tubuh. Bila jumlah hormon melatonin kurang, tidur malam yang nyenyak pun sulit didapat. 

Kurangi lemak di perut

Konon, buah ini mampu mempercantik tubuh siapa pun yang rajin mengonsumsinya. Trubus Mania bisa membiasakan diri mengonsumsi ceri setiap hari sebagai camilan. Bahkan, masalah perut buncit dan tubuh gemuk karena lemak, perlahan akan hilang dengan sendirinya.

Menurunkan risiko stroke

Ceri, terutama tart cherry, mengandung antosianin yang dapat memperbaiki sistem pembakaran lemak dan glukosa. Bisa menurunkan kadar kolesterol dan darah tinggi, sehingga terhindar dari serangan stroke.