Manfaat Avocado Oil untuk Kecantikan

Manfaat Avocado Oil untuk Kecantikan


Jika biasanya hanya menemukan alpukat dalam bentuk jus yang menyegarkan atau sebagai topping di atas hidangan, tahukah jika sebenarnya buah yang satu ini juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan? Mulai dari menjaga kesehatan jantung, hingga dapat digunakan sebagai masker untuk kulit kering dan kusam. Nah, tidak hanya buahnya saja, ternyata saat diolah menjadi minyak, avocado oil kaya akan fatty acids, vitamin A, D, dan E yang memiliki banyak manfaat untuk kulit. 

1. Melembapkan Kulit

Selain kaya akan vitamin E dan fatty acids, terutama oleic acid, avocado oil juga mengandung potassium, lecithin, serta beberapa nutrisi lainnya yang memiliki khasiat melembapkan untuk kulit dan kerap direkomendasikan untuk pemilik kulit kering. Avocado oil memiliki tesktur yang agak kental dan sangat melembapkan, sehingga membuatnya menjadi produk yang tepat sebagai krim malam untuk kulit yang sedang bermasalah. 

2. Mengurangi Tanda Penuaan

Menjaga kulit tetap lembap secara tidak langsung akan membantu memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan. Namun, tidak hanya itu saja, avocado oil juga memiliki kandungan vitamin E dan lecithin yang akan membantu mengurangi tkamu penuaan. Vitamin E akan mencegah terjadinya inflamasi dan munculnya kerutan halus. Sedangkan, lecithin dan juga vitamin E akan mendorong produksi kolagen yang menjaga agar kulit tetap kencang.

3. Mengurangi Inflamasi Akibat Psorasis dan Eczema

Tidak hanya bermanfaat untuk pemilik kulit normal dan kering, avocado oil juga dapat membantu pemilik kondisi kulit psorasis dan eczema. Menurut hasil studi, anti-oksidan dan vitamin dalam avocado oil yang dikombinasikan dengan vitamin b12 dapat membantu meredakan dan memulihkan kulit kering, kasar, dan gatal yang merupakan gejala utama psoriasis maupun eczema. 

4. Membantu Memperbaiki Dampak Buruk Sinar Matahari

Radikal bebas yang terdapat di sinar matahari dan polusi dapat merusak kulit dengan menyerang sel-sel kulit yang sehat. Nah, di sinilah avocado oil dapat berperan menjadi jawabannya. Kaya akan anti-oksidan dan vitamin, avocado oil dapat membantu proses pemulihan dan regenerasi sel-sel kulit, sehingga membantu kulit agar kembali ke kondisinya yang optimal. Tidak hanya itu saja, avocado oil juga memiliki kandungan anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan kulit yang terbakar sinar matahari. Untuk hasil yang maksimal, kamu dapat mengombinasikan avocado oil dengan aloe vera.

5. Mempercepat Proses Pemulihan Luka

Berdasarkan hasil studi yang telah diterbitkan di Evidence-based Alternative and Competitive Medicine, ditemukan bahwa avocado oil bekerja efektif dalam membantu proses pemulihan luka ringan seperti lecet atau luka gores. Hal ini berkat adanya kandungan fatty acids dan lecithin yang mendorong produksi kolagen serta proses pemulihan dan regenerasi sel-sel kulit baru, yang akan turut membantu mempercepat proses pemulihan luka. Ditambah lagi, avocado oil juga bersifat anti-inflamasi yang akan meredakan inflamasi pada luka.