TIPS CARA CEPAT MENGETAHUI JENIS KULIT WAJAH PRIA / WANITA

Ada beberapa jenis kulit wajah dari mulai normal, berminyak, sensitif, kering, dan kombinasi. Untuk lengkapnya, simak jenis-jenis kulit berikut. Kalau perlu, kenali pula ciri-ciri dan cara merawatnya.

CIRI-CIRI KULIT NORMAL DAN CARA PERAWATANNYA

Kulit normal sebenarnya memiliki perawatan yang tidak terlalu sulit. Namun, kamu harus terus menjaga kebersihannya. Dalam kegiatan sehari-hari, kulit kamu pasti akan terpapar sinar matahari dan debu di udara. Jika tidak dibersihkan dengan baik, kotoran bisa menumpuk dan menimbulkan masalah.
Ciri-ciri kulit normal adalah kadar minyak yang terjaga. Ketika disentuh, kulit tidak terasa terlalu kering atau terlalu berminyak. Maka dari itu, wanita dengan kulit wajah normal biasanya memiliki elastisitas dan kelembaban yang baik.
Pori-pori kulit juga tidak terlalu besar sehingga jerawat dan komedo pun jarang muncul. Warna kulit juga tidak akan terlihat kusam dan tidak mudah keriput.

CIRI-CIRI KULIT BERMINYAK DAN CARA PERAWATANNYA

Kulit wajah berminyak adalah salah satu jenis kulit yang rentan terhadap jerawat atau mudah memiliki kondisi acne prone.
Namun, dengan kebersihan yang terjaga, tentunya kulit akan senantiasa terjaga dari masalah. Minyak di kulit jenis ini akan terlihat jelas di area “T” wajah yaitu dari mulai sekitar dahi hingga hidung, serta bagian dagu.
Salah satu masalah yang paling sering terasa adalah make-up sulit menempel karena pori-pori cenderung lebih besar dibandingkan kulit normal. Pori-pori besar juga menyebabkan kulit mudah menampung debu dan kotoran.
Jika kamu merasa kulitmu masuk ke dalam jenis kulit berminyak, usahakan mencuci kulit wajah dengan rutin minimal dua kali dalam sehari.
Selain itu, jangan malas untuk membersihkan wajah dengan kapas dan pembersih. Dalam keseharian, gunakan kertas penyerap minyak wajah untuk membantu mengurangi kadar minyak di wajah.

CIRI-CIRI KULIT KERING DAN CARA PERAWATANNYA

Berseberangan dengan kulit berminyak, jenis kulit ini tidak memiliki elastisitas yang baik. Walaupun pori-porinya kecil dan tidak mudah berjerawat, kulit kering mungkin memiliki masalah lain yaitu kusam dan cenderung mudah berkeriput.
Kulit yang kering juga akan mudah bersisik karena tidak lembab. Biasanya penyebabnya adalah kelenjar minyak yang tidak bekerja dengan baik.
Maka dari itu, wajah dengan kulit kering harus rutin menggunakan moisturizer untuk menjaga kelembabannya. Kalau kamu punya wajah dengan kulit yang cenderung kering, usahakan rajin minum air putih, ya.
Air putih akan memberikan asupan kelembaban yang baik untuk wajahmu sehingga terhindar dari masalah-masalah di atas.

CIRI-CIRI KULIT SENSITIF DAN CARA PERAWATANNYA

Kulit sensitif sebenarnya disebabkan karena lapisan kulit yang terlalu tipis. Jadi, syaraf dan pembuluh kapiler terletak lebih dekat dengan pori-pori kulit Akibatnya, kulit menjadi rentan terhadap alergi dan mudah terpengaruh oleh zat-zat dari luar.
Ciri-ciri kulit ini adalah sulit cocok dengan produk topikal. Jika tidak cocok, kulit bisa mengalami alergi berupa iritasi, radang, memerah, serta gatal-gatal.
Beberapa kandungan produk yang mungkin menimbulkan alergi adalah fragrance atau pengharum, sabun yang mengandung detergen, serta beberapa kandungan kimia.
Kalau kamu merasa kulit wajahmu mudah alergi, sebaiknya periksakan ke dokter kulit dan kecantikan. Gunakan produk yang benar-benar bebas dari bahan berbahaya agar alergi tidak terulang.
Selain itu, jangan lupa menggunakan tabir surya dan pelembab setiap akan keluar rumah agar tidak terpapar radasi sinar matahari.

CIRI-CIRI KULIT KOMBINASI DAN CARA PERAWATANNYA

Kulit kombinasi terdiri dari gabungan jenis-jenis kulit di atas. Bisa jadi, kulit terasa berminyak di area “T” tapi terasa kering di area bawah mata dan pipi.
Kombinasi jenis kulit lainnya bisa jadi normal dan berminyak, kering dan berminyak, berminyak dan sensitif, atau kering dan sensitif. Untuk menyiasatinya, gunakan produk kulit yang berbeda untuk area jenis kulit yang berbeda.
Namun, hal ini memang sedikit sulit dilakukan. Maka dari itu, kamu harus peka terhadap keadaan wajahmu untuk menemukan jenis kulitmu.