PRODUK KECANTIKAN YANG RAMAH LINGKUNGAN

PRODUK KECANTIKAN YANG RAMAH LINGKUNGAN


Para pemerhati lingkungan banyak mengeluhkan tentang dampak buruk sisa-sisa pembuangan produk kecantikan, kosmetik dan perawatan tubuh terhadap lingkungan. Misalnya sampah bekas pembalut wanita sekali pakai, juga produk krim tabir surya yang dilaporkan bisa mencemari air laut dan merusak terumbu karang.

Ada banyak alternatif yang bisa kita lakukan untuk mengurangi sampah dan limbah yang bisa mencemari lingkungan dari produk kecantikan. Saatnya Anda beralih ke produk kecantikan yang lebih ramah lingkungan, paling tidak meminimalisir bahaya pencemaran lingkungan. Karena untuk merawat kulit dan menjaga kecantikan, tidak harus berdampak buruk pada lingkungan.

Dilansir dari berbagai sumber berikut adalah lima produk perawatan kecantikan dan kebersihan yang bisa Anda pertimbangkan untuk dipakai:

Washable Menspad

Kini saatnya Anda mengganti pembalut sekali pakai dengan pembalut wanita yang bisa dicuci dan dipakai ulang. Pembalut ini terbuat dari kain yang tidak tembus air. Pembalut ini bisa Anda gunakan berulang-ulang bahkan selama bertahun-tahun sehingga membuat Anda membantu meminimalisir sampah, juga menghemat biaya. Ada banyak merek washable menspad yang sudah beredar di pasaran yang bisa Anda beli dan pakai untuk membantu menjaga kelestarian lingkungan.

Tabir Surya yang Aman bagi Lingkungan

Beberapa bahan yang ditemukan di tabir surya misalnya oxybenzone dan octinoxate telah dilaporkan para ahli menyebabkan pemutihan karang dan kerusakan pada hewan laut. Hindari produk tabir surya yang mengandung oxybenzone dan octinoxate. Jadilah bagian dalam usaha melindungi lingkungan.

Sabun Batangan

Ternyata memakai sabun batangan merupakan salah satu upaya untuk menjaga lingkungan. Kemasan sabun batangan biasanya dikemas dengan kertas yang dapat didaur ulang. Dibandingkan dengan sabun cair yang memakai botol plastik untuk wadahnya, tentu saja sabun batangan merupakan produk yang ramah lingkungan untuk rutinitas mandi Anda sehari-hari.

Sampo dan Kondisioner Padat

Pernah tahu sampo dan kondisioner dalam bentuk padat? Jenis sampo dan kondisioner ini tidak dikemas dalam botol plastik seperti produk sampo dan kondisioner pada umumnya, melainkan dipadatkan seperti halnya sabun batangan. Penggunaanya sama dengan sabun batangan yaitu diberi air agar menghasilkan busa. Memakai sampo dan kondisioner padat akan membantu mengurangi sampah botol palstik.

Reusable Cotton Pads

Alih-alih membuang kapas setiap kali Anda menggunakan toner atau micellar water, pilihlah reusable cotton pads yang bisa dicuci dan dipakai ulang. Reusable cotton pads ini terbuat dari kain yang bisa dicuci sehabis Anda gunakan. Setelah kering Anda bisa menggunakan kembali untuk membersihkan wajah Anda. Jadi Anda tidak perlu membuang banyak kapas untuk merawat wajah cantik Anda.