HAL - HAL PENTING TENTANG TABIR SURYA

HAL MENARIK TENTANG TABIR SURYA






Beberapa hal yang mungkin tidak dianggap penting perlu diketahui agar Anda dapat maksimal menggunakan tabir surya.


Bahan Tambahan Tabir Surya yang Merusak
Pada tabir surya, kadangkala ditambahkan bahan oxybenzone dan ocyinoxate yang berfungsi menangkal efek dari sinar matahari. Bahan tersebut dapat menimbulkan iritasi kulit dan mengganggu hormon yang ada dalam tubuh. Kandungan lain yang biasa ditambahkan adalah retinyl palmitate yang merupakan bentuk lain dari vitamin A. Efek negatifnya adalah dapat menimbulkan jaringan abnormal kulit.


Tabir Surya Tidak Melindungi dari UVA
SPF 15 atau SPF 30 angka tersebut menunjukkan kemampuan melindungi dari sinar UVB yang dapat menyebabkan kulit terbakar. Sinar matahari sendiri terdiri dari UVA dan UVB. Sinar UVA inilah yang sering tidak dapat dilindungi dengan penggunaan tabir surya. Efek negatifnya adalah dapat menimbulkan penuaan pada kulit dan kanker kulit. Untuk mendapatkan perlindungan dari UVA, pilih tabir surya yang mengandung titanium dioxide, zinc oxide dan avobenzone.


Arti SPF
Tabir surya yang bertuliskan SPF 30 (Sun Protection Factor) bukan berarti akan melindungi Anda 2 kali lipat daripada penggunaan SPF 15. Begitu juga dengan tabir surya bertuliskan SPF 50 atau SPF 100. Faktanya adalah angka tersebut merupakan kemampuan tabir surya menyaring UVB. SPF 15 dapat menyaring 93% UVB, SPF 30 menyaring 97%, SPF 50 menyaring 98%, dan SPF 100 hingga 99%. Selisih yang tidak sampai 2 kali lipat dari label SPF yang tertulis. Pilih penggunaan yang tepat adalah tergantung jenis kulit Anda. Jika kulit normal dapat menggunakan SPF 30 sedangkan klit sensitif dapat memilih tabir surya dengan kandungan SPF lebih tinggi.


Kedaluwarsa Tabir Surya
Walau tanggal kedaluwarsa anda belum tiba, belum tentu tabir surya masih aman untuk digunakan. Rata-rata masa kedaluwarsanya adalah selama 3 tahun, jika Anda menyimpannya secara tepat. Tabir surya harus disimpan pada suhu yang sejuk. Membiarkannya terjemur saat Anda berada di pantai atau kolam renang menyebabkannya menjadi rusak. Anda dapat memasukkannya dalam tas untuk melindungi tabir surya.


Tabir Surya Alami
Tomat, jambu, anggur dan semangka adalah baik untuk kulit karena kandungan likopen. Tomat yang dimasak akan menghasilkan lebih banyak zat likopen. Zat likopen dapat berfungsi sebagai tabir surya alami dari dalam tubuh. Mengkonsumsinya dapat membantu kulit lebih bertahan menghadapi efek buruk dari UVA dan UVB.Meskipun demikian, perlindungan dari luar tetap dibutuhkan saat Anda melakukan aktivitas di bawah sinar matahari.


Cara Menggunakan Tabir Surya
Oleskan tabir surya dalam jumlah yang cukup dan dioleskan kembali setiap 2 jam, jika tubuh banyak mengeluarkan keringat atau Anda telah keluar dari air saat di pantai atau kolam renang. Anda juga dapat mengenakan pakaian pelindung, topi lebar untuk menghindari aktivitas di bawah terik-teriknya matahari pada siang hari.